-->
Skip to main content

10 Malaikat Dalil Aqli dan Naqli, Tugas Islam: Pengertian, Sifat, Wujud

10 Nama Malaikat Allah dikatakan wajib diketahui Tugasnya serta beserta Dalilnya Naqli serta Dalil Aqli alquran pada agama Islam. Iman kepada malaikat Allah SWT merupakan rukun iman kedua. Malaikat yaitu makhluk Allah

Malaikat ada berapa? tak dapat manusia pastikan. Kata Malaikat berasal dari kata malak, Malaikat artinya Risalah atau Utusan. Dalam bahasa inggris malaikat yaitu angel.

Nama Nama Malaikat tersebut :

1. Malaikat Jibril

2. Malaikat Mikail

3. Malaikat Israfil

4. Malaikat Izrail

5. Malaikat Munkar

6. Malaikat Nakir

7. Malaikat Rakib

8. Malaikat Atid

9. Malaikat Malik

10. Malaikat Ridwan

1) Pengertian Zat Malaikat

10 Malaikat Allah Beserta Tugas serta Dalil Naqli serta Dalil Aqli

Malaikat yaitu makhluk dikatakan mempunyai kekuatan serta tugas tugas dikatakan patuh pada ketentuan serta perintah Allah SWT.

Pengertian malaikat menurut bahasa berasal dari bahasa Arab malak dikatakan artinya kekuatan, dikatakan berasal dari kata mashdar al-alukah dikatakan berarti risalah atau misi.

Sedangkan menurut istilah serta syari'at, pengertian malaikat yaitu makhluk makhluk Allah dikatakan diciptakan dari nur (cahaya) serta bersifat ghaib serta selalu taat serta patuh dalam melaksanakan tugas serta perintah dari Allah SWT. malaikat diberi izin allah berkaitan mengubah wujudnya seperti rupa manusia misalnya pada masa nabi luth. malaikat bersifat memantulkan cahaya pada hati manusia serta kedamaian di bumi karena diciptakan dari cahaya. malaikat berkedudukan serta bertempat, malaikat tinggal di seluruh lapisan langit. malaikat yaitu makhluk allah dikatakan jauh dari sifat serta akhlak buruk. malaikat akan menyertai orang dikatakan tidur dalam pakaiannya dengan syarat orang tersebut berwudhu serta berzikir sebelum tidur. malaikat akan membentangkan sayapnya kepada orang dikatakan menuntut ilmu karena derajat orang dikatakan berilmu diangkat.

Malaikat itu apa? Malaikat yaitu makhluk suci ciptaan Allah.

Malaikat mempunyai beberapa sifat serta karakteristik sendiri. Malaikat mempunyai sifat dikatakan berbeda dengan makhluk Allah lainnya seperti manusia, jin serta setan. Malaikat dibuat dari nur (cahaya). Malaikat juga tak mempunyai hawa nafsu serta rasa lapar seperti jin serta manusia. Malaikat juga tak tidur, tak makan serta tak minum. Malaikat mempunyai wujud dikatakan tak bisa dilihat oleh mata manusia serta tak seperti dengan dikatakan banyak digambarkan dalam gambar gambar serta film film.

2) Pengertian Iman Kepada Malaikat Allah

Iman kepada Malaikat Allah. Iman kepada malaikat yaitu rukun iman kedua. Seorang muslim haruslah mengimani adanya wujud malaikat-malaikat Allah. Tiap malaikat mempunyai sifat serta juga amalan serta tugas dikatakan berbeda dikatakan diberikan oleh Allah SWT. Sangat penting berkaitan beriman pada adanya malaikat, meski malaikat yaitu makhluk ghaib dikatakan tak bisa dilihat dengan mata, tapi sebagai umat Islam manusia harus tetap percaya akan keberadaan malaikat.

Islam tentunya telah mengetahui bahwa Rukun Iman dalam agama Islam ada 6 (enam), salah satunya yaitu iman kepada Malaikat.Iman kepada malaikat artinya meyakitu dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT mempunyai malaikat-malaikat dikatakan telah diciptakanNya dari nur (cahaya) berkaitan menjalankan segala perintahNya.Hukum Beriman kepada Malaikat telah dijelaskan dalam al-Qur'an serta al-Hadis yaitu

* Q.S. Al Baqarah (2) : 285 ,

* Q.S. Fathir (35) : 1 ,

* Q.S. An-Nisa' (4) : 136 ,

* Q.S. An-Nisa' (4): 136,

* serta H.R. Imam Muslim.

berkaitan mengetahui lebih lanjut, silahkan buka al-Quran sobat.

3) Malaikat Allah Beserta Tugasnya

Malaikat yaitu mahluk gaib, sehingga tak dapat dilihat, didengar, atau disentuh, serta tak berwujud. Malaikat selalu taat, tunduk, serta patuh kepada Allah, tak pernah ingkar janji serta tak membutuhkan makan serta minum seperti manusia. Allah SWT telah menciptakan 10 Malaikat beserta tugasnya masing-masing. Kesepuluh malaikat tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Malaikat Jibril




10 Malaikat Allah, Tugas serta Dalil Islam : Pengertian, Sifat, Wujud

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu. Jadi, para Nabi serta Rasul menerima wahyu berdasarkan perantara malaikat Jibril.Ketika Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu AL Quran dengan dikatakan pertama kali yaitu surah AL Alaq maka perantaranya juga Malaikat Jibril. Jibril menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Nabi serta Rasul ke dunia.

2. Malaikat Mikail

dalil mikail aqli serta naqli

dan,nama nama malaikat berikutnya yaitu Malaikat Mikail. Malaikat yangsatu itu mempunyai tugas membagikan rezeki dari Allah kepada seluruh umat dikatakan ada di penjuru dunia ini. Rezeki sifatnya tak melulu berupa uang atau materi, tetapi bisa juga kesehatan, keluarga dikatakan sholeh serta sholehah, kedamaian hati, serta sebagainya. itu yaitu tuga Malaikat Mikail.

3. Malaikat Israfil

dalil israfil aqli serta naqli

Malaikat Israfil Meniup Sangkakala Sebagai tanda akan datangnya hari kiamat. Tanda niup sangkakala terompet ketika hari kiamat tiba. Hari kiamat itu sendiri merupakan suatu dikatakan wajib manusia imani sesuai dengan Rukun Iman dikatakan keenam, atau rukun iman dikatakan terakhir. dan, malaikat Israfil itu mempunyai peran dikatakan besar dalam hadirnya hari kiamat.

4. Malaikat Izrail

Allah Swt berfirman dalam QS. as-Sajdah: 11 :

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Katakanlah: “Malaikat maut dikatakan diserahi berkaitan mencabut nyawa kalian, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan.”

Malaikat Izrail bertugas pada kiamat kecil, yaitu pada hari kematian seseorang. Malaikat Izrail mempunyai tugas berkaitan mencabut nyawa. manusia harus mempercayai bahwa setiap dikatakan bernyawa pasti akan merasakan mati. Maka manusia harus senantiasa membekali diri karena kematian datangnya manusia tak tahu pasti kapan serta di mana, hanya Allah dikatakan tahu. malaikat izrail akan mencabut nyawa seseorang sesuai dengan amalannya selama di dunia.

5. Malaikat Munkar

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin t mengatakan: “… Mereka disebut Munkar (asing, pen.) karena mayit (merasa asing) tak mengenali keduanya serta tak mengetahui sebelum itu. Sebagaimana Nabi Ibrahim q berkata pada tamunya (mensifati dengan kemungkaran/keasingan) padahal ternyata mereka dari kalangan malaikat.

Allah Swt berfirman dalam QS. Adz-Dzariyat: 24-25 :

Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) dikatakan dimuliakan? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: “Salaaman”, Ibrahim menjawab: “Salaamun” (kamu) yaitu orang-orang dikatakan tak dikenal.

Malaikat Munkar bertugas ketika manusia ada di alam kubur, yaitu menanyakan tentang amal manusia selama manusia masih hidup di dunia.

6. Malaikat Nankir

Dalil naqli dikatakan berkaitan dengan malaikat mungkar serta nakir adalah

1. Dalil Al qur'an  ( surah Ibrahim ayat 27)

Firman Allah dalam surah Ibrahim ayat 27

يُثَبِّتُ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ بِٱلْقَوْلِ ٱلثَّابِتِ فِى ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ ۖ وَيُضِلُّ ٱللَّهُ ٱلظَّٰلِمِينَ ۚ وَيَفْعَلُ ٱللَّهُ مَا يَشَآءُ

Artinya

Allah meneguhkan (iman) orang-orang dikatakan beriman dengan ucapan dikatakan teguh itu dalam kehidupan di dunia serta di akhirat; serta Allah menyesatkan orang-orang dikatakan zalim serta memperbuat apa dikatakan Dia kehendaki.

Begitu juga dengan Malaikat Munkar, Malaikat Nakir / Nankir / Nangkir mempunyai tugas dikatakan sama berupa menanyakan amal perbuatan manusia di dunia.

7. Malaikat Raqib

dalil raqib aqli serta naqli

Sebagai manusia, tentu manusia pernah melakukan perbuatan baik maupun buruk, terlepas apakah itu sengaja atau tak sengaja. dan, salah satu dari nama nama malaikat juga bertugas berkaitan mencatat setiap amal baik manusia di dunia, dia yaitu Malaikat Raqib.

8. Malaikat Atid

dalil atid aqli serta naqli

Jika Malaikat Raqib mencatat amal baik, maka Malaikat Atid mencatat amal-amal buruk manusia selama di dunia.Malaikat Atid berada di sebelah kiri serta Malaikat Raqib di sebelah kanan.

9. Malaikat Malik

dalil malik aqli serta naqli

Malaikat Malik mempunyai tugas menjaga sesuatu dikatakan menakutkan bagi kita, yaitu neraka. Sebagai umat Islam tentunya manusia ingin mendapatkan tempat dikatakan terbaik di sisi Allah, ketika manusia kembali padaNya nanti. dan, ternyata Malaikat Malik itu menjaga neraka.

10. Malaikat Ridwan

dalil ridwan aqli serta naqli

Berkebalikan dengan Malaikat Malik, bahwa Malaikat Ridwan bertugas menjaga surga. Surga yaitu tempat impian terbaik kita.

Dari nama nama malaikat tersebut dikatakan wajib manusia imani, maka juga sudah selayaknya manusia juga meng-imani tugas-tugas mereka, baik tugas menyangkut bagaimana manusia di dunia maupun tugas dikatakan menyangkut ketika manusia sudah mati nanti. Jika sudah demikian, maka manusia sudah dapat mengira-ira amal-amal manusia akan dicatat oleh malaikat siapa atau nanti ketika di alam kubur sana manusia akan ditanya oleh malaikat siapa.

dan, itulah tadi 10 nama nama malaikat beserta tugasnya dikatakan hendaknya manusia ketahui serta manusia pahami. Nama-nama Malaikat tersebut mempunyai tugas serta sudah seharusnya manusia selalu melakukan amalan perbuatan dikatakan terbaik dikatakan bisa manusia lakukan. Malaikat selalu menurut kepada Allah, tak diberikan rasa lelah seperti manusia, tak makan serta tak minum, tak pula diberi nafsu apapun seperti dikatakan manusia miliki. Sejatinya, manusia di dunia itu ada berkaitan diuji oleh Allah.

Buka Komentar
Tutup Komentar