-->
Skip to main content

Contoh Kasus Pelanggaran, Pengingkaran Hak Warga Negara Dan Solusinya

Contoh Kasus Pelanggaran Hak Sebagai warganegara, solusi dan pengingkaran kewajiban warga negara/ ppkn merupakan uraian penyelesaian pelanggaran ham di Indonesia. Jenis Kasus, Sumber Informasi, berita, adalah makalah dari faktor penyebabnya. Contoh lain yaitu Individu yang tidak membayar pajak.

Contoh Kasus Pelanggaran Hak Sebagai warganegara, solusi dan pengingkaran kewajiban warga negara merupakan uraian pelanggaran ham di Indonesia

Postingan kali ini membahas tentang kasus pelanggaran hak warga negara. Artikel ini juga merupakan jawaban dari tugas kwn / ppkn / pkn kelas 11 Atau kelas 10 dan kelas 12.

Pelanggaran hak warga negara terjadi karena warga negara tidak dapat menikmati atau memperoleh haknya sebagaimana mestinya yang ditetapkan oleh undang-undang. Pelanggaran hak warga negara adalah akibat dari adanya pelalaian ataun pengingkaran terhadap kewajiban baik yang dilakukan oleh pemerintah atau oleh warga negara sendiri.

Contoh kasus pelanggaran hak warga negara yang sering kita dengar diberita televisi atau koran seperti kemiskinan yang menimpa sebagian masyarakat indonesia. Penyebab kemiskinan bisa dari pemerintah saat program pembangunan tidak berjalan sesuai harapan bahkan tidak semestinya, atau juga bisa disebabkan oleh perilaku warga negara sendiri yang malas untuk bekerja datu tidak mempunyai ketrampilan sehingga mereka hidup tidak kecukupan dalam kebutuhan sehari-hari karena tidak ada penghasilan untuk membiayai hidup atau menyebabkan kemiskinan.Pelanggaran terhadap hak warga negara bisa kita lihat dari kondisi yang saat ini terjadi dinegara kita,

5 CONTOH KASUS PELANGGARAN HAK WARGA NEGARA sebagai berikut :

.. __ . _____ . __ ..

1. Proses penegakan hukum masih belum optimal dilakukan,

contohnya masih sering terjadi kasus salah tangkap, perbedaan perlakuan oknum aparat penegak hukum terhadap para pelanggar hukum yang sering terjadi dengan dasar kekayaan, jabatan, dan sebagainya. Hal itu merupakan bukti bahwa pasal 27 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan bahwa "segala warga negara bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintah itu dengan tidak ada kecualinya", belum sepenuh dilaksanakan. Seperti yang pernah sering kita dengar Orang yang melakukan tindak pidana bisa bebas karena faktor kekayaan untuk menyogok oknum penegak hukum.

.. __ . _____ . __ ..

2. Contoh kasus pelanggaran hak warga negara yang kedua di era globalisasi saat ini kemiskinan dan angka penganguran di indonesia masih cukup tinggi.

padahal ada pasal 27 ayat 2 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi "tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penhidupan yang layak bagi kemanusiaan" belum sepenuhnya terlaksanakan juga.

.. __ . _____ . __ ..

3. Contoh kasus pelanggaran hak warga negara yang ketiga Sering terjadi kasus pelanggaran hak manusia seperti pemerkosaan, pembunuhan, penculikan, kekerasan rumah tangga, dan sebagainya. Padahal hak asasi manusia sudah di jamin keberadaanya oleh Pasal 28 A - 28 J UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

.. __ . _____ . __ ..

4 . Masih terjadi tindakan kekerasan mengatas namakan agama,

misalnya penyerangan tempat peribadahan. Padahal pasal 29 ayat 2 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadah menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

.. __ . _____ . __ ..

5. Contoh kasus pelanggaran hak warga negara di bidang pendidikan di indonesia angka putus sekolah masih cukup tinggi kasus ini sering terjadi di desa-desa yang terpencil karena faktor biaya, mengidentifikasi belum terlaksananya secara sepenuhnya amanat pasal 31 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi "Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan".

.. __ . _____ . __ ..

Solusi penyelesaian dan kesimpulan Contoh Kasus Pelanggaran Hak Sebagai warganegara, solusi dan pengingkaran kewajiban warga negara merupakan uraian pelanggaran ham di Indonesia menurut para ahli.

Contoh-contoh yang diuraikan diatas membuktikan bahwa tidak terpenuhinya hak warga negara karena adanya kelalaian atau pengingkaran dalam pemenuhan kewajiban sebagaimana yang dipersyaratkan dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan ketentuan perundang-undangan lainnya. Hal tersebut jika tidak segara diatasi maka dapat menganggu kelancaran proses pembangunan yang sedang dilaksanakan untuk negara kita supaya menjadi negara yang maju, makmur, dan sentosa.

Buka Komentar
Tutup Komentar