-->
Skip to main content

DIALOG Apoteker dan Pasien Kasus Obat Kolesterol Hiperlipidemia




DIALOG Kolesterol Untuk Nanti
 
DIALOG
 Apoteker : Selamat datang di Apotek Pariaman , ada yang bisa saya bantu pak?
Pasien : iya, saya mau membeli obat pak
Apoteker : Baik pak, apakah gejala yang bapak rasakansebelumnya?
Pasien : saya sering merasa pusing dan terasa berat dibagian pundak 
 Apoteker : adakah yang bapak lakukan sebelumnya? Ataukah ada makanan yang bapak makan sebelumnya?
Pasien : Sepertinya saya tidak melakukan apapun, namun saya sempat mencicipi jeroan saat saya sedang dirumah anak saya 
Apoteker : Apakah bapak memiliki riwayat kolesterol tinggisebelumnya?
Pasien : Saya belum pernah mengeceknya, namun ayah saya memiliki kadar kolesterol yang tinggi  
Apoteker : Baiklah bapak, kalau begitu (sambil menyerahkan obat) ini obat valemia, obat ini merupakan obat penurun kolesterol, sayamengira rasa pusing dan nyeri di bagian pundak bapakdisebabkan karena naiknya kadar kolesterol bapak setelahmemakan jeroan.
Pasien : Benarkah ? apakah ini berbahaya ? 
Apoteker : Iya bapak, apabila bapak tidak mengontrolnya. Sebagai upayaawal saya berikan obat valemia ini terlebih dahulu. Obat inidiminum sehari satu kali sebelum tidur. Ada baiknya setelahobat ini habis, bapak mengecek kadar kolesterol bapak secara rutinagar tidak menyebabkan terjadinya nyeri pada bagian pundakdan rasa pusing bapak.
Pasien : Baiklah pak. Terimakasih atas informasinya 
Apoteker : Ada baiknya bapak mulai mengurangi konsumsi jeroan danmakanan tinggi kolesterol lainnya pak, agar menjaga kadar kolesterol bapak tetap normal
Pasien : Baiklah pak, akan saya coba. 
Apoteker : terimakasih atas kunjungannya, apabila dalam waktu tigahari dirasa belum membaik sebaiknya bapak periksa ke dokter.
Pasien : Terimakasih pak
Apoteker : Oh iya bapak benar, jadi dari catatan pengobatan di Apotek bapakmendapat, diberi 4 macam obat, yang pertama ini obat pertamadiminum 3 kali sehari 1 tablet adalah vitamin, yang obat yang ke-2diminum 1 kali sehari 1 tablet sesudah makan adalah obat penghilangsakit, yang ke-3 iminum 1 kali sehari 1 tablet malam hari adalah obat penurun kolesterol dan yang obat yang ke-4 diminum 2 kali sehari 1tablet adalah obat untuk pusing.
Apoteker : Jadi gini yang alami alami tersebut kemungkinan merupakan efeksamping dari obat meloxicam yang bapak minum. Dan untuk nyeri uluhati yang bapak rasakan bisa karna efek samping dari (Meloxicam) itusendiri sebaiknya minumnya setelah makan ya pak. Kalau sakit uluhhati dan mual yang bapak rasakan sudah sangat mengganggu aktivitas bapak maka sebaiknya bapak kembali konsultasikan kedokternya ya pakuntuk tindak lanjutnya.
Pasien : Oh iya pak, nanti saya konsultasikan kedokter saja.
Apoteker : Iya pak sebaiknya dikonsultasikan saja kalau memang begitu. Oh iya pak selain sakit uluh hati da mual apakah ada keluhan yang lain pak?
Pasien : tidak pak
Apoteker : Syukur deh pak klo begitu, oh iya untuk obat baycol ini pak ini untukmengobati kadar kolesterol , jika nanti bapak mengalami keluhan sepertisakit kepala, sakit tenggorokan dan nyeri otot segera konsultasikandengan dokter ya pak.
Pasien : oh jadi begitu ya pak, lalu nanti kalau saya pusing lagi apa yangharus saya lakukan?
Apoteker : Jika bapak merasakan pusing bapak diharapkan minum obat daneuran jika pusing Dan bapak juga bisa mengurangi komsumsimakanan tinggi kolesterol seperti jeroan, daging sapi,dan banyakmengkomsumsi sayur dan pakah-pakahan agar dapat mengontrol kadarkolesterol bapak.
 
Pasien : Oh begitu ya pak
Apoteker : Iya pak, oh iya sebelum obatnya habis sebaiknya bapak segera kontrollagi ke dokter ya pak dan jangan lupa untuk cek kolesterolnya lagi.
Pasien : Iya pak
Apoteker : Bagaimana bapak apakah ada yang kurang jelas atau ada yang perluditanyakan pak ?
Pasien : Tidak ada pak
Apoteker : Baiklah kalau begitu, terima kasih atas waktunya pak , semoga bapaklekas sembuh
Pasien : Iya pak terima kasih banyak.
Apoteker : Iya pak sama-sama, kalau begitu saya pamit. Permisi..


Buka Komentar
Tutup Komentar