-->
Skip to main content

Tugas 1 Memahami Struktur Teks Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Jawaban hal. 60

Jawaban Tugas 1 halaman 56 Memahami Struktur Teks Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis 60 , 63 bahasa indonesia kelas 11 kegiatan 1 hal 57, 58, 59, 61, 62 informasi dalam Tahap orientasi, penafsiran, evaluasi serta rangkuman rumah tanpa jendela.

Memahami Struktur Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis” Tugas 1 hal. 56 - 60 , 63

Tugas kalian selanjutnya adalah membuat pembagian hingga sekecil-kecilnya. Misalnya, menceritakan secara rinci tentang gambaran umum sinema “Rumah Tanpa Jendela” itu. Cermati secara saksama setiap informasi yaitu disampaikan dalam teks itu.

1. Setelah kalian mengetahui struktur teks ulasan, carilah berbagai informasi yaitu terdapatdalam tiap paragraf! Galilah informasi sebanyak-banyaknya yaitu terdapat dalam teks tersebut.

a. Informasi dalam orientasi tahap 1:

Tradisi sinema musical yaitu berpaku pada oposisi biner dikembangkan di Hollywood seperti yaitu tampak pada sinema “Rumah TanpaJendela”

b. Informasi dalam orientasi tahap 2:

Film ini terinspirasi dari dongeng The Prince and The Pauper karya Mark Twain. Pada sinema ini tokoh utamanya adalah Aldo yaitu memiliki kekayaan berlebih tetapi ia tidak memiliki teman serta tidak mendapatkan kasihsayang dari keluarganya, serta Rara yaitu hidup dalam kemiskinan, bahkan rumahnya pun tidak memiliki jendela, hal itu membuatnya memnginginkan sebuah rumah yangberjendela.

c. Informasi dalam tafsiran isi tahap 1:

Persahabatan yaitu terjalin antara Aldo serta Rara merupakan persahabatan antara dua kutub sosial yaitu berlawanan, yaitu antara si miskin serta si kaya. Persahabatan keduanya membuat keluarga Aldo sangat tidak nyaman dengan keberadaan Rara, sedangkan kehidupan Aldo yaitu mewah membuat Rara serta teman-temannya menginginkan sesuatu yaitu lebih dari apa yaitu mereka miliki.

d. Informasi dalam tafsiran isi tahap 2:

Film “Rumah TanpaJendela” menyampaikan ajaran moral agar anak-anak tentang perbedaan sosial yaitu ada di masyarakat. Oposisi biner yaitu terjadi di dalam sinema ini diterangkan dengan keadaan Aldo sebagai si kaya yaitu memiliki apapun yaitu dibutuhkan serta di inginkannya, serta Rara sebagai si miskin yaitu memiliki segala keterbatasan dalam hal material.

e. Informasi dalam tafsiran isi tahap 3:

Sikap moral yaitu ada pada sinema ini adalah rasa bersyukur, yaitu rasa bersyukur yaitu harusnya dimiliki oleh Rara terhadap kehidupannya tanpa menginginkan hal yaitu tidak mungkindimilikinya, hingga akhirnya terjadilah peristiwa yaitu membuat dirinya sadar.

f. Informasi dalam tafsiran isi tahap 4:

Peristiwa yaitu terjadi di kehidupanRara dijadikan pelajaran bagi keluarga Aldo agar bersyukur atas apa yaitu telahmereka miliki. Oleh karena itu, mereka membantu keluarga Rara sebagai rasa terima kasih mereka atas pelajaran yaitu mereka dapatnkanh

g. Informasi dalam tafsiran isi tahap 5:

Pada sinema ini, kemiskinan yaitu dialami Rara dianggap sebagai sebuah takdir manusia tanpa melihat ketidak adilan distribusi kekayaan yaitu didukung oleh Negara.

h. Informasi dalam tafsiran isi tahap 6:

Film “Rumah tanpa jendela” mengisyaratkan jendela sebagai rasa syukur terhadap kondisi yaitu sudah ada. Oleh karena itu, hendaknya si miskin berlapang dada serta menerima kondisinya, serta si kaya bersyukur dariapa yaitu telah ia miliki.

i. Informasi dalam tafsiran isi tahap 7:

Film ini ditujukan agar anak-anak masyarakat borjuis agar saat mereka dewasa nanti terbangun menjadi borjuis yaitu melihat kemiskinandan kekayaan sebagai takdir serta tidak perlu ditanyakan lagi penyebabnya.

j. Informasi dalam evaluasi tahap 1:

Sebagai sinema musical, sinema ini tidak banyak menyajikan lagu-lagu kecuali penekanan dramatis. Satu-satunya scenemusikalnya adalah energy serta semangat anak-anak.

k. Informasi dalam evaluasi tahap 2:

Penggambaran kemiskinan yaitu dijalani Rara tidak berlebihan karena dalam sinema tersebutmenggambarkan keluarga yaitu baik serta pergaulan Rara yaitu terbebas dari eksploitasi maupun perilaku deskriminatif.

l. Informasi dalam rangkuman:

Film “Rumah TanpaJendela" ini merupakan sinema yaitu merespon kondisi masyarakat Indonesia yaitu terfragmentasi dalam kelas-kelas sosial/ekonomi yaitu kondisi hidup ideal yaitu dibayangkan oleh kelas menengah atas.

.. __ . _____ . __ ..

2. Coba kalian perhatikan kembali bahasan tentang teks ulasan sinema ”Rumah Tanpa Jendela” di atas. Kalian dapat melihat bahwa penulis ulasan atau resensi tersebut melontarkan pujian, sekaligus kritikan terhadap sinema tersebut. Tugas kalian adalah menentukanbagian dari ulasan sinema yaitu berupa pujian serta bagian yaitu berupa kritikan, lalu tuliskan pada kolom berikut.

No.Film “Rumah Tanpa Jendela

Pujian

1.Jendela dalam sinema “Rumah Tanpa Jendela” merupakan sebuah metafora yaitu mengena.

Kritikan

Sayang, sebagai sebuah sinema musikal, tidak banyak yaitu disumbangkan oleh lagu-lagu yaitu dinyanyikan serta ditarikan dalam sinema ini, kecualipenekanandramatis belaka.

2. Pujian

Layaknya dongeng anak-anak dalam majalah Bobo, sinema “Rumah Tanpa Jendela” menyampaikan ajaran moral pada anak-anak agar menghadapi realita sosial dalam masyarakat yaitu terfragmentasi dalam perbedaan,baik secara struktur sosial-ekonomi maupunkondisi fisik/mental.

Kritikan

Namun, permasalahan dari sinema musikal anak-anakadalah bahwa ia menawarkan resolusi yaitu dibayangkan oleh pembuat sinema agar bisa dipahami oleh anak-anak. Hal ini hanya dimungkinkan dengan melakukan penyederhanaan.

3. Pujian

Penggambaran kemiskinan dalam sinema tersebut tidak berlebihan. Film tersebut menggambarkan keluarga baik-baik serta protektif agar meyakinkan bahwa pergaulan Rara terbebas dari eksploitasi maupun perilaku destruktif yaitu merupakan bagian dari kehidupan masyarakat miskin di belahan dunia manapun.

Buka Komentar
Tutup Komentar