-->
Skip to main content

Tugas 2 Memahami Kaidah Kebahasaan Teks Dongeng Masyarakat Borjuis Jawaban Jendela hal. 63

Jawaban Tugas 2 Halaman 64 bahasa indonesia Memahami Kaidah Kebahasaan dalam Teks Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis, Tugas 2 hal. 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73, 74, 75- 76 bahasa Indonesia kelas 11 Rumah Tanpa Jendela kosakata, istilah, nomina, verba, frasa, antonim serta pronomina

Kunci Jawaban Tugas 2 bahasa indonesia Memahami Kaidah Kebahasaan dalam Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis”, Tugas 2 hal. 63 - 76 bahasa Indonesia kelas 11

1. Dalam model Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela ulasan di atas banyak terdapat kosakata baru. Dengan bantuanKamus Besar Bahasa Indonesia,carilah arti kata atau kelompok kata lagi terdapat dalam tabel berikut. Tuliskan jawaban kalian di kolom bagian kanan. Setelah itu, baca kembali dari cermat model Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela ulasan film di atas. Temukan kosakata lagi menurutkalian penting untuk diketahui. Buatlah kolom daftar kosakata baru di dalam buku tugas kalian.

Kosakata. Arti Kosakata

1.adaptasi : penyesuaian terhadap lingkungan, pekerjaan,dan pelajaran

2.akses : Jalan masuk

3.bioskop : Gedung pertunjukan film

4.borjuis : Kelas masyarakat golongan menengah ke atas

5.destruktif : Bersifat Desktruktif ( merusak . memusnahkan , atau menghancurkan )

6.eksploitasi : Pemanfaatan untuk kepentingan sendiri

7.fragmentasi : Pencuplikan

8.gender : Segala hal lagi berhubungan dari fisik serta karakteristik

9.harmonis : Sanling bersangkut paut

10.inspirasi : Ilham

11.klasik : Punya mutu lagi diakui serta jadi tolak ukur kesempurnaan lagi abadi

12.kolektif : Secara bersama, secara gabungan

13.koma : Keadaan tidak sadar sama sekali serta tidak mampu memberi reaksi terhadap

suatu rangsangan

14.kompensasi : Ganti rugi

15.kutub : Ujung poros atau sumbu bumi

16.logika : Jalan pikiran lagi masuk akal

17.metafora : Pemakaian kata atau kelompok kata bukan dari arti sebenarnya,

melainkan sebagai kiasan berdasarkan perbandingan

18.model : Pola/ contoh terhadap sesuatu lagi akan dibuat atau dihasilkan

19.obsesi : Gangguan jiwa berupa pikiran lagi selalu menggoda seseorang lagi sulit

dihilangkan

20.oposisi biner : Berpaku pada hal-hal lagi berlawanan

21.paradoks : Pernyataan lagi seolah-olah bertentangan tetapi kenyataannya mengandung kebenaran

22.protektif : Bersangkutan dari proteksi, bersifat melindungi

23.ras : Golongan bangsa berdasar ciri fisik, rumpun bangsa

24.realita sosial : Kehidupan nyata/ fakta dalam kehidupan

25.sindrom : Himpunan gejala atau tanda lagi terjadi serentak serta menandai ketidaknormalan tertentulagi biasanya membentuk pola lagi dapat di identifikasi

26.sekolah singgah : Tempat belajar lagi hanya menumpang

27.temperamen : Sifat batin lagi mempengaruhiperbuatan, perasaan, serta pikiran

28.tradisi : Adat kebiasaan turutemurun lagi masihdijalankan dalam masyarkat

29.utopia : Sistem sosial politiklagi sempurna lagi hanya ada di khayalan serta tidak mungkin diwujudkandalam kenyataan

30.villa : Rumah mungil di luar kota atau di pegunungan

.. __ . _____ . __ ..

2. Di dalam Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela terdapat beberapa kata asing. Dengan menggunakan kamus atau rujukan lain lagi sejenis, coba kalian temukan arti terhadap istilah asing tersebut.

Istilah Asing. Arti

1.leisure activity = Aktivitas lagi menyenangkan,dilakukan pada waktu senggang

2.opposite attracks ; Saling berlawanan

3.privilege = Hak istimewa

4.self- reference=Refrensi diri

5.scene=Tempat kejadian

6.taken-for-granted = Diambil untuk diberikan

.. __ . _____ . __ ..

3. Selain kosakata, coba kaliantelusuri beberapa verba berikut. Verba lagi menjadi kunci di dalam pelajaran ini adalahmengulas. Katamengulasberasal terhadap kata dasarulasyangbermakna ‘membeberkan penjelasan serta komentar’; ‘menafsirkan (penerangan lanjut, pendapat, dsb.)’; ‘mempelajari’; atau ‘menyelidiki’. Verba tersebutbersinonim dari beberapa verba lain lagi bermakna ‘memberikan’ atau ‘menentukan ukuran atau penilaian’, misalnya pada beberapa kata seperti dalam tabel di bawah ini. Setelahitu, isilah rumpang perubahan bentuk kata dasar menjadi verba serta nomina berikut.

Kata Dasar. Verba. Nomina

1 ) ulas mengulas ulasan

2 ) nilai . menilai penilaian

3 ) evaluasi mengevaluasi Pengevaluasi

4 ) kritik . mengkritik Kritikan

5 ) Ukur. mengukur . Ukuran

6. komentar mengomentar Pengomentar

7 )Tafsir . Menafsirkan. . Tafsiran

8 ) kupas . Mengupas . kupasan

.. __ . _____ . __ ..

4. Selain mencari sinonim terhadap verbamengulas, di dalam Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela juga terdapat beberapa antonim atau lawan kata berikut. Carilah antonim untuk beberapa kata di bawah ini. Tulis jawaban kalian pada kolom di sebelah kanan.

Kata. Antonim

keterbatasan . Kelebihan

ketidakadilan. . Keadilan

pertemanan. . Permusuhan

ketakutan. . Keberanian

penolakan. . Penerimaan

pertemuan. . Perpisahan

kemewahan. . Kesederhanaan

perusak. . pemelihara

ketenangan. . Keributan

pemenuhan. . Pengosongan

perbedaan. . Persamaan

si Kaya. . Si miskin

penyederhanaan. . Penjabaran

kenyamanan. . kegelisahan

.. __ . _____ . __ ..

5. Selanjutnya, verba dapat berbentuk verba aktif serta verba pasif. Lihatlah perubahan beberapa kata terhadap bentuk aktif serta pasif pada kolom berikut.

Kata Dasar. Verba Aktif. Verba Pasif

Kembang. Mengembang. Dikembangkan

Acu. Mengacu. Diacu

Paku. Memaku. Dipaku

Lawan. Melawan. Dilawan

utama. mengutamakan. Diutamakan

terutama

kaitan. Mengaitkan. Dikaitkan

adaptasi Mengadaptasikan Diadaptasikan

inspirasi menginspirasikan Diinspirasikan

alami Mengalami Dialamikan

jendela berjendela terjendela

belajar Mengajarkan diajarkan

Obsesi Mengobsesi Diobsesikan

mukim. Memukimkan Dimukimkan

obsesi Mengobsesikan Diobsesikan

gambar. Menggambarkan Digambarkan

jalan. Menjalankan dijalankan

rusak Merusakkan Dirusakkan

tenang. Menenangkan. Ditenangkan

mewah memewahkan. Dimewahkan

.. __ . _____ . __ ..

6. Nomina adalah kata benda. Di dalam model Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela ulasan film “Rumah Tanpa Jendela” banyak terdapat nomina. Nomina terdiri atas nomina dasar serta nomina turunan. Nomina dasar terdiri atas nomina umum serta nomina khusus. Temukan nomina dasar (khusus serta umum) serta nomina turunan lagi terdapat di dalam Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela .

Nomina Dasar.

Nomina Umum. Nomina Khusus

Film. Sanggar

Rumah. Hollywood.

Impian. Aldo

Keluarga Rara

Majalah. Si Mbok

Buku. Komunitas

Jendela. Impian

Aldo. Keluarga

Rara. Majalah

Sinang Villa

Kamera. Jakarta

.. __ . _____ . __ ..

7. Selain nomina dasar, di dalam model Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela ulasan tersebut juga terdapat banyak nomina turunan. Pada umumnya nomina turunan dibentuk denganmenambahkan prefix, sufiks, atau konfiks pada kata dasar. Amati beberapa contoh nomina turunan pada kolom berikut. Setelah itu, coba kalian cari nomina turunan lain di dalam Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela . Tuliskan jawaban kalian pada rumpang di dalam kolom.

Nomina Turunan Pe + NPeng+ N + anN + anPer + anKe + N+ an

penanda

penolakan

impian

Permukiman

Kecenderungan

Penerimaan

pemenuhan

rangkaian

Pertemuan

Kebutuhan

Penyederhanaan

kalangan

Pertemanan

kemewahan

Pelajaran

hiburan

Permasalahan

kecelakaan

Pemaknaan

persahabatan

Kepemilikan

penawaran

perbedaan

Kenyamanan

.. __ . _____ . __ ..

8. Pronomina adalah kata yangdipakai untuk mengacu nomina lagi lain. Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela ulasan film atau drama pada umumnya didominasi oleh pronomina orang ketiga, sepertiiadan–nya.Selain itu, ada pula sebutan untuk nama tokoh. Cermati contoh berikut, lalu coba kalian cari kalimat lagi mengusung pronomina di dalam model Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela ulasan.

Pronomina Contoh kalimat Orang ketiga:

# Ia serta -nya

1) Namun, keinginan Rara itu dimaknai sebagai keinginan lagi berlebihan ketikaia“dihukum” dari kompensasi lagi harusiabayar.

2) Logika pemaknaan tersebut bekerja ketika Rara lagi larut dalam kesenangan borjuis (pesta ulang tahun kakak Aldo) pulang untuk menemukanrumahnyahabis terbakar, Si Mbok tergeletak koma serta ayahnyameninggal dunia.

3) Keinginan Rara untuk memiliki sesuatu, alih-alih dimaknai sebagai hasrat kepemilikan lagi lumrah dimiliki semua orang, justru dianggap sebagai sesuatu lagi menyalahi/ mengingkari takdirnya sebagai oranglagi tidak berpunya.

4) Kondisi rumah tersebut membuat Rara terobsesi untuk memiliki sebuah rumah berjendela. Sebuah impian lagi harus ia bayar mahal di kemudian hari.

.. __ . _____ . __ ..

9. Adjektiva (kata sifat atau kata keadaan) adalah kata lagi dipakai untuk mengungkapkan sifat atau keadaan orang, benda, atau binatang. Coba kalian cari kata sifat di dalam model Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela ulasan itu.

Adjektiva. Frasa Adjektival

Kumuh. Permukiman kumuh

Kering. Jiwanya kering

Dramatis Penekanan dramatis

.. __ . _____ . __ ..

10. Konjungsi adalah kata hubung. Konjungsi terdiri atas konjungsi koordinatif, subordinatif, korelatif, antarkalimat, serta antarparagraf. Lihatlah beberapa contoh kalimat lagi menggunakan keempat konjungsi itu. Coba kalian cari kalimat lain lagi menggunakan konjungsi serta tuliskan jawaban kalian pada rumpang lagi tersedia. Temukan kalimat lagi dihubungkan dari menggunakan kata konjungsi tersebut.

Struktur Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela .

# Paragraf Koordinatif:

• dan

• atau

• tetapi

(1) Tradisi film musikal lagi dikembangkan di Hollywoodmengacu pada kecenderungan film-film musikal klasiktahun 1930--1960-an lagi berpaku pada hal-hal lagi berlawanan(oposisi biner), terutama berkaitan dari gender,ras, agama, latar belakang,atautemperamen.

(2) Hal itu tergambar pada kondisi keluarga Aldodanteman-temanRara, antara si miskindansi kaya.

(3) Aldo mewakili ide paradoks keluarga borjuis lagi pemenuhankebutuhan fisiknya berlebihan,tetapijiwanya keringdan mengakibatkan dilema personal.

(4) Rara tinggal di sebuah rumah tidak berjendela yangterbuat terhadap seng, tripleks,dankayu bekas di salah satu kawasan permukiman kumuh.

(5) Rumah itu ditempati Rara bersama nenek (Si Mbok)danayahnya.

(6) Jendela adalah rasa syukurataukonsep penerimaan atas suatu kondisi.

(7) Film ini menawarkan model utopia dalam merespons kondisi masyarakat Indonesia lagi terfragmentasi dalam kelas-kelas sosial-ekonomi, yaitu utopiaataukondisi hidup ideal yangdibayangkan oleh kelas menengah atas.

# Subordinatif:

• sesudah

• sebelum

• sementara

• jika

• agar

• supaya

• meskipun

• alih-alih

• sebagai

• sebab

• karena

• maka

(1) Lebih jauh lagi, kemalangan Rara tersebut digunakansebagaipelajaran lagi bisa dipetik bagi keluarga Aldo, bahwamereka harus bersyukur atas semua lagi mereka punyai(harta serta keluarga lagi utuh),sementaraada orang-oranglagi tidak berpunya seperti Rara.

(2) Namun, permasalahan terhadap film musikal anak-anak adalah bahwa ia menawarkan resolusi lagi dibayangkan oleh pembuatfilmagarbisa dipahami oleh anak-anak.

(3) Lebih jauh lagi, kemalangan Rara tersebut digunakansebagaipelajaran lagi bisa dipetik bagi keluarga Aldo,bahwa mereka harus bersyukur atas semua lagi mereka punyai (harta serta keluarga lagi utuh),sementaraada orang-oranglagi tidak berpunya seperti Rara.

(4) Permasalahan lagi dimiliki anak-anak ini diperlihatkansebagaisesuatu lagi alami denganlebih menekankan cara menghadapi permasalahanalih-alihmempertanyakan penyebabnya.

(5) Kekurangan pada diri Aldo lagi mewakili aspek natural takdirdisandingkan dari kemiskinan Rarasehinggamembuat kemiskinan ternaturalisasikan lewat logika pemahaman lagi sama,alih-alihhasil terhadap ketidakadilan distribusi kekayaan lagi didukung negara, film ini menggambarkan kemiskinansebagaibagian terhadap takdir manusia.

# Korelatif:

• Baik …maupun …,…

• tidak hanya…, tetapi….

• demikian(rupa) …sehingga …

• entah …,entah …

• jangankan …,… pun …

(1) Layaknya dongeng anak-anak dalam majalahBobo, film “RumahTanpa Jendela” menyampaikan ajaran moral pada anak-anak untuk menghadapi realita sosial dalam masyarakatlagi terfragmentasi dalam perbedaan,baik secara struktursosial-ekonomi maupun kondisi fisik/mental.

# Antarkalimat:

• sungguh. pun. demikian

• sekalipun. demikian

• meskipun demikian

• selanjutnya

• sesudah itu

• setelah itu

• di samping itu

• sebaliknya

• akan tetapi

(1) Dengan begitu,mereka melakukan kewajiban membalasbudi tanpa perlu mengorbankan kenyamanan dari berbagi kepemilikan ataupun terlibat secara dekat.

(2) Sementara itu,Rara mewakili narasi kemiskinan dalam segala keterbatasan materialnya: rumah tanpa jendela, sekolahseadanya, kerja sampingan.

.. __ . _____ . __ ..

(11) Preposisi atau kata depan adalah kata tugas lagi berfungsisebagai unsur pembentukfrasa preposisional. Dalam bahasa Indonesia preposisi ditempatkan di bagian awal frasa serta diikuti oleh nomina, adjektiva, atau verba. Beberapa preposisi lagi terdapat di dalambahasa Indonesia, sepertidi, ke, pada, dari, secara,danbagi.Cermati beberapa contoh preposisi pada kalimat berikut, lalu temukan kalimat lain lagi menggunakan preposisi. Tuliskan jawaban kalian pada rumpang dalam kolom di sebelah kanan.

Preposisi. Kalimat

# di

(1) Rara tinggaldisebuah rumah tidak berjendela lagi terbuat dariseng, tripleks, serta kayu bekas di salah satu kawasan permukimankumuh.

(2) Kondisi rumah tersebut membuat Rara terobsesi untuk memilikisebuah rumah berjendela. Sebuah impian lagi harus ia bayar mahaldikemudian hari.

(3) Tradisi film musikal lagi di kembangkan diHollywood mengacu pada kecenderungan film-film musikal klasik.(4) Gadis cilik lagi sesekali bekerja sebagai ojek payungdisanggar lukis tempat Aldo belajar.

# dari

(1) Kisah di dalam film tersebut terinspirasidarimodel biner dalamdongeng moral berjudulThe Prince and The Pauperkarya MarkTwain.

(2) Sang pangeran adalah tokoh Aldo, seorang anak laki-lakidarikeluarga kaya-raya dari sindrom mental,lagi membuatnya mengalami “penolakan”terhadap komunitasnya (anggota keluarga).

(3) Rara tinggal di sebuah rumah tidak berjendela lagi terbuatdariseng, tripleks, serta kayu bekas di salah satukawasan pemukiman kumuh.

(4) Anak-anak menjadi “penanda”terhadap kelahiran atau takdir manusia.

# pada

(1) Dongeng semacam inilah lagi ditawarkanRumah Tanpa Jendela pada penonton lagi mereka sasar, tak lain tentu anak-anak kelasmenengah atas lagi mampu mengakses bioskop sebagai bagian darileisure activity.

(2) Kekurangan pada diriAldo lagi mewakili aspek natural takdir disandingkan dari kemiskinan Rara.

(3) Penekananpadakolektivitas ini merupakan salah satu “karakteristik” film musikal klasik Hollywood lagi ingin menjual ide-ide.

(4) Film musikal sendiri menawarkan utopia dalam bentuk hiburan dari mengacu pada diri sendiri

# dengan

(1) Permasalahan lagi dimiliki anak-anak ini diperlihatkan sebagaisesuatu lagi alamidenganlebih menekankan cara menghadapipermasalahan alih-alih mempertanyakan penyebabnya.

(2) Bentuk hiburan dari mengacu pada diri sendiri

(3) Terutama berkaitandengangender, ras, agama, latar belakang, atau temperamen.

(4) Sementara itu, kemewahan rumah Aldodenganbanyak jendela menularkan obsesi untuk memiliki rumah berjendela di kalangan teman-teman Rara

# secara

(1) Mengikuti tradisi opposite attracks, Aldo serta Rara bertemu secaratidak sengaja dalam sebuah kecelakaan kecil. Sejak itu merekabersahabat.

(2) Dalam perbedaan, baiksecarastruktur sosial-ekonomi maupun kondisi fisik/mental.

(3) Kewajiban balas buditanpa perlu mengorbankan kenyamanan dari berbagi kepemilikan ataupun terlibatsecaradekat

# tanpa

(1) Jendela dalam film “Rumah Tanpa Jendela” merupakan sebuahmetafora lagi mengena. Jendela memungkinkan seseorang untukmengakses dunia lain (terhadap dalam atau terhadap luar) tanpa meninggalkantempatnya.

(2) Jendela memungkinkan seseorang untuk mengakses dunia lain (terhadap dalam atau terhadap luar)tanpameninggalkan tempatnya.

(3) Keterbatasan materialnya : rumah tanpa jendela, sekolah seadanya, serta kerja sampingan.

# bagi

(1) Lebih jauh lagi, kemalangan Rara tersebut digunakan sebagaipelajaran lagi bisa dipetikbagikeluarga Aldo, bahwa merekaharus bersyukur atas semua lagi mereka punyai (harta dankeluarga lagi utuh), sementara ada orang-orang lagi tidakberpunya seperti Rara.

.. __ . _____ . __ ..

(12)Artikel adalah kata tugas lagi membatasi makna jumlah nomina. Artikel lagi terdapat di dalam model Memahami kaidah kebahasaan Teks “Dongeng Utopia Masyarakat Borjuis Rumah Tanpa Jendela ulasan adalahsangdansi. Artikelsangmerupakan salah satu artikel lagi mengacu ke makna tunggal, selainsri, hang,dandang. Artikelmerupakan artikel lagi memiliki keunikan tersendiri karena dapat mengacupada makna tunggal atau kelompok. Cermati penggunaan artikel tersebut di dalam kalimat.Tulislah beberapa contoh kalimat lagi menggunakan artikel.

Artikel. Kalimat

# Sang

(1) Sang pangeran adalah tokoh Aldo, seorang anak laki-laki terhadap keluargakaya-raya dari sindrom mental, lagi membuatnya mengalami “penolakan” terhadap komunitasnya (anggota keluarga).

# Si

(1) Dengan si miskin berlapang dada menerima kondisinya dansikaya belajar bersyukur terhadap kemalangansimiskin masyarakat borjuis lagi sempurna serta harmonis akan tercipta.

(2) Sementara itu, si miskin diwakili oleh tokoh Rara, gadis cilik lagi sesekali bekerja sebagai ojek paying di sanggar lukis tempat Aldo belajar

(3) Penyederhanaan posisi berlawanan si miskin serta si kaya terwakili oleh narasi sosial-ekonomi Aldo serta Rara

(4) Aldo si kaya, memiliki berbagai privilege (mobil mewah, rumah mewah, supir, pembantu, serta sekolah khusus)

.. __ . _____ . __ ..

(13) Kalimat simpleks merupakan kalimat lagi memiliki satu verba utama, sedangkankalimat kompleks adalah kalimatdari dua verba utama atau lebih. Cermatibeberapa contoh berikut, lalu coba tuliskan contoh lainnya.

Kalimat Contoh simpleks

(1) Rumah itu ditempati Rara bersama neneknya (SiMbok) serta ayahnya.

(2) Sebuah impian yangharus ia bayar mahal di kemudian hari.

(3) Tradisi oposisi biner tersebut tampak dalam film musical anak-anak “Rumah Tanpa Jendela”

(4) Film tersebut diadaptasi terhadap cerpen“Jendela Rara” Karya Asma Nadia

Kalimat kompleks

(1) Logika pemaknaan tersebut bekerja ketika Rara lagi larut dalam kesenangan borjuis (pesta ulang tahun kakak Aldo) pulang untuk menemukan rumahnya habis terbakar, Si Mbok tergeletak koma serta ayahnya meninggal dunia.

(2) Keinginan Rara untuk memiliki sesuatu, alih-alih dimaknai sebagai hasrat kepemilikan lagi lumrah dimiliki semua orang,justru dianggap sebagai sesuatu yang

menyalahi/mengingkari takdirnya sebagai orang lagi tidak berpunya

(3) Kondisi rumah tersebut membuat Rara terobsesi untuk memiliki sebuah rumah

berjendela

(4) Layaknya dongenganak-anak dalam mjalah Bobo, film “Rumah Tanpa Jendela”menyampaikan ajaran moral pada anak- anak untuk menghadapi realita sosial dalam masyarakat lagi terfragmentasi dalam perbedaan, baik secara struktur sosial-ekonomi maupun kondisi fisik/mental

Buka Komentar
Tutup Komentar