-->
Skip to main content

TUGAS 2 MENGEVALUASI TEKS PANTUN halaman 94 Jawaban

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi Teks pantun Halaman 94 bahasa Indonesia kelas 11 xi pelajaran 2 kegiatan 2

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 pantun hal. Halaman 94

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 Pantun 1

Kuda perang berpacu kencang,

kuda beban berjalan pelan.

Maafkan aku berteriak lantang,

mohon maafkan segala kesalahan.

Hasil evaluasi:

Hubungan antara sampiran serta isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Fungsi sampiran hanya sebagai penyedia rima saja sehingga tidak mempermudah pemahaman isi. Makna pantun, kita harus saling meminta maaf terhadap teman.

.. __ . _____ . __ ..

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 Pantun 2

Asam kandis asam gelugur,

ketiga asam si riang-riang.

Menangis mayat di pintu kubur,

teringat badan tidak sembahyang.

Hasil evaluasi:

Hubungan antara sampiran serta isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Fungsi sampiran hanya sebagai penyedia rima saja sehingga tidak mempermudah pemahaman isi. Makna pantun, sholat lah sebelum kalian disholatkan karena waktu tak bisa diulang.

.. __ . _____ . __ ..

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 Pantun 3

Bunga kenanga di atas kubur,

pucuk sari pandan jawa.

Apa guna sombong serta takabur,

rusak hati badan binasa.

Hasil evaluasi:

Hubungan antara sampiran serta isi pada rima serta isinya. Fungsi sampiran selain sebagai penyediarima juga mempermudah pemahaman isi. Dengan mengingat tentang kubur orang tidak akan sombog serta takabur. Makna pantun, tidak ada gunanya sombong serta takabur karena hanya dapat merusak hati.

.. __ . _____ . __ ..

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 Pantun 4

Berburu ke padang datar,

dapat rusa belang kaki.

Berguru kepalang ajar,

bagai bunga kembang tak jadi.

Hasil evaluasi:

Hubungan antara sampiran serta isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Fungsi sampiran hanya sebagai penyedia rima saja sehingga tidak mempermudah pemahaman isi. Makna pantun, pelajarilah apa yaitu kita pelajari sampai tuntas serta jangan setengah-setengah.

.. __ . _____ . __ ..

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 Pantun 5

Buah langsat kuning cerah,

keduduk tidak berbunga lagi.

Sudah dapat gading bertuah,

tanduk tidak berguna lagi.

Hasil evaluasi:

Hubungan antara sampiran serta isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Fungsi sampiran hanya sebagai penyedia rima saja sehingga tidak mempermudah pemahaman isi. Makna pantun, jangan pernah melupakanteman lama jika kita mempunyai teman baru.

.. __ . _____ . __ ..

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 Pantun 6

Embacang masak mempelam manis,

makanan anak bidadari.

Bintang terisak bulan menangis,

hendak bertemu si matahari.

Hasil evaluasi:

Hubungan antara sampiran serta isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Fungsi sampiran hanya sebagai penyedia rima saja sehingga tidak mempermudah pemahaman isi. Makna pantun, seorang yaitu ingin melanjutkan hubungan namun terhalang oleh keadaan.

.. __ . _____ . __ ..

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 Pantun 7

Kemumu di dalam semak,

jatuh melayang seleranya.

Mesti ilmu setinggi tegak,

tidak sembahyang apa gunanya.

Hasil evaluasi:

Hubungan antara sampiran serta isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Fungsi sampiran hanya sebagai penyedia rima saja sehingga tidak mempermudah pemahaman isi. Makna pantun, bila seseorang tidak beribadah maka tidak ada gunanya meskipun memiliki ilmu setinggi langit.

.. __ . _____ . __ ..

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 Pantun 8

Pokok pakis tumbuh di hutan,

tumbang melepa di atas duri.

Pulau menangis kering lautan,

ikan juga menghempas diri.

Hasil evaluasi:

Hubungan antara sampiran serta isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Fungsi sampiran hanya sebagai penyedia rima saja sehingga tidak mempermudah pemahaman isi. Makna pantun, mahluk hidup akan terganggu jika lingkungan rusak.

.. __ . _____ . __ ..

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 Pantun 9

Mari kita mencari zaitun,

tiada zaitun pinang pun jadi.

Tanjungpinang negeri pantun,

indah permai cantik berseri.

Hasil evaluasi:

Hubungan antara sampiran serta isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Fungsi sampiran hanya sebagai penyedia rima saja sehingga tidak mempermudah pemahaman isi. Makna pantun, karena pantun Tanjungpinang terasa indah permai cantik berseri.

.. __ . _____ . __ ..

Jawaban Tugas 2 Mengevaluasi teks pantun hal. Halaman 94 Pantun 10

Kalau mengail di lubuk sertagkal,

dapat ikan penuh seraga.

Kalau kail panjang sejengkal,

jangan laut hendak diduga.

Hasil evaluasi:

Hubungan antara sampiran serta isi pada rima serta isinya. Fungsi sampiran selain sebagai penyediarima juga mempermudah pemahaman isi. Dengan ilmu yaitu sertagkal maka cita-cita yaitu diraih hanya sejengkal. Makna pantun, tidak akan mendapat hasil yaitu maksimal jika usaha tidak maksimal.

Buka Komentar
Tutup Komentar