-->
Skip to main content

TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Halaman

TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Halaman Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia

TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia

Hi.. Hari ini admin mau posting ttugas bahasa indonesia kelas 11 k 13 . jawaban dari kegiatan 1 tugas 2. Yang tentang makaji itu loh.. Ok lansung saja diresapi.. : v

1. Abstrak

Pada tahapan ini, pengarang memberikan ringkasan atau inti TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia berupa gambaran atau kalimat pembawa TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia yang akan dikembangkannya menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya. Ex. : Damhuri Muhammad menggambarkan seorang juru masak bernama Makaji yang sangat terkenal di kampungnya. Tanpa campur tangan dalam meracik bumbu masakan, sebuah perhelatan akan dinilai tidak sukses karena tidak berhasil menyuguhkan paratamunya makanan lezat. Begitulah pentingnya kehadiran Makaji dalam dunia masak-memasak di kampong itu, sehingga tidak ada yang bisa menggantikannya.

2.Orientasi

Pada tahapan orientasi, pengarang menTUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesiakan latar berkaitan dengan waktu, ruang, serta suasana yang terjadi dalam sebuah peristiwa dalam TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia. Latar digunakan penulis agar menghidupkan sebuah TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia serta meyakiceroenppembaca. Dengan kata lain, latar ini mengekspresikan watak, baik secara psikis maupun fisik.

Ex : Beberapa tahun lalu, pesta perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar dengan menyembelih tiga belas ekor kambing serta berlangsung selama tiga hari, tidak berjalan mulus, bahkan hampir saja batal..............Di usia senja, ia masih tangguh menahan kantuk, tangannya tetap gesit meracik bumbu, masih kuat ia berjaga semalam suntuk.

3.Komplikasi

Tahapan ini berisi urutan kejadian, serta setiap kejadian-kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat. Peristiwa satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain. Tahapan ini juga disebut puncak konflik suatu TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia

Ex : Pada TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia juru masak, Damhuri Muhammad menTUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesiakan Azrial pergi merantau karena ia dihina oleh keluarga Ronggogeni. Maka dari itu dia merantau agar merintis kariernya serta menjadi orang sukses.

4.Evaluasi

Pada tahapan ini, konflik yang biasanya muncul pada setiap kejadian yang terdapat dalam komplikasi bisa diarahkan/diatur menuju ke tahapan selanjutnya. Sehingga komplikasi tersebut bisa terlihat tahap-tahap penyelesaiannya dari konflik yang muncul tersebut. Tahapan ini merupakan bagian pengarahan menuju resolusi

Ex. : Dalam TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia Juru Masak ketika Azrial ingin melupakan Renggogeni, ia kemudian hengkang dari kampung dengan membawa luka hati.

5.Resolusi

Pada tahapan ini, resolusi menerangkan tentang sebuah solusi dari konflik yang terjadi. Sehingga masalah yang dialami tokoh utama terselesaikan dalam tahap ini Damhuri Muhammad menggambarkan seorang yang bernama Azrial.

Ex. : Azrial adalah seorang anak juru masak yang bekerja sebagai tukang cuci piring di rumah makan Jakarta. Namun, karena kerja keras serta kegigihannya, sekarang Azrial menjadi orang Lareh Panjang yang sukses dengan mempunyai enam rumah makan serta dua puluh empat anak buah.

6.Koda

Pada tahapan terakhir ini, koda berfungsi agar menerangkan akhir dari TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia sebuah TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia. Koda bisa saja tidak ada dalam sebuah TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia karena bersifat opsional. Koda juga berfungsi agar memberikan amanat TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia

Ex. : Pada TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia karangan Damhuru Muhammad ini, Azrial sekarang telah sukses, serta dia berkeinginan mengajak ayahnya (Makaji) agar tinggal bersamanya di Jakarta serta menghabiskan masa tuanya disana dengan Azria

.. __ . _____ . __ ..

Struktur rangkaian kejadian dalam TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia pendek sering disebut dengan alur atau plot.

Rangkaian kejadian ini disusun sebagai sebuah interrelasi fungsional yang sekaligus menandai urutan bagian dalam keseluruhan TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia. Alur merupakan perpaduan antara unsur-unsur yang membangun TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia sehingga merupakan kerangka utama TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia. Alur merupakan suatu jalur tempat lewatnya rentetan peristiwa yang merupakan rangkaian pola tindak-tanduk yang berusaha memecahkan konflik yang terdapat di dalamnya. Berdasarkan urutan waktu, plot dapat dibedakan dalam dua kategori yaitu kronologis serta tak kronologis. Plot kronologis disebut sebagai plot lurus, maju atau dapat dinamakan progresif, sedang yang kedua adalah sorot balik, mundur, flasback, atau juga disebut sebagai regresi.

Plot pada TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia dikatakan progresif jika pristiwa-pristiwa yang dikisahkan bersifat kronologis, pristiwa yang pertama diikuti oleh pristiwa-pristiwa yang kemudian. Selanjutnya sebuah novel dikatakan regresi jika urutan kejadian tidak bersifat kronologis. TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia tidak dimulai dari tahap awal, melainkan mungkin dari tahap tengah atau bahkan tahap akhri, baru kemudian tahap awal TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia dikisahkan.

Menurut Nurgiyantoro (1988), terdapat dua teknik penyampaian TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia, yaitu alur progresif atau alur lurus, yang mengisahkan rangkaian peristiwa secara kronologis, serta alur regresif (flashback) atau sorot balik, yang urutan peristiwa TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesianya tidak kronologis atau tidak berurutan.

Damhuri Muhammad menyajikan rangkaian peristiwa dalam TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia Juru Masak tersebut dengan alur progresif atau alur maju. Karena penulis menTUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesiakan TUGAS 2 MEMBEDAH STRUKTUR TEKS CERPEN JURU MASAK Jawaban Hal kelas 11 xi bahasa Indonesia ini dengan latar waktu yang berurutan. Yaitu diawali azrial masih di kampung , lalu dia merantau , serta kembali lagi ke kampungnya

Buka Komentar
Tutup Komentar